BAB 2
TINJAUAN UMUM MENGENAI PERUSAHAAN
2.1 Sejarah
Singkat PT Bank SUMUT Syariah
Pada bagian ini, penulis akan
menjabarkan secara singkat tentang sejarah Bank SUMUT Syariah secara umum dan
khusus.
2.1.1
Sejarah PT Bank
SUMUT Secara Umum
PT Bank SUMUT dahulu dikenal sebagai Bank Pembangunan
Daerah Sumatera Utara (BPDSU) didirikan pada tanggal 4 November 1961 dengan
Akte Notaris Rusli Nomor 22 dalam bentuk Perseroan Terbatas. Berdasarkan
Undang- Undang Nomor 13 Tahun 1962 tentang ketentuan pokok bank pembangunan daerah,
bentuk badan usaha diubah menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sesuai dengan
Peraturan Daerah Tingkat I Sumatera Utara nomor 5 Tahun 1965, dengan modal
dasar sebesar Rp 100.000.000,00 dan saham dimiliki oleh Pemerintah Daerah
Tingkat I Sumatera Utara dan Pemerintah daerah Tingkat II Sumatera Utara.
Pada tanggal 16 April 1999, berdasarkan Peraturan
Daerah Tingkat I Sumatera Utara nomor 5 Tahun 1999, bentuk badan diubah kembali
menjadi perseroan terbatas dengan nama Bank SUMUT. Perubahan tersebut dituangkan
dalam Akte Pendirian Alina Hanum Nasution, S.H., dan telah mendapat pengesahan
dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dibawah Nomor C-8224 HT.01.01 TH 99,
serta diumumkan dalam berita Negara Republik Indonesia Nomor 54 tanggal 6 Juli
1999. Modal dasar pada saat itu ditetapkan sebesar Rp 400.000.000,00. Dan
karena pertimbangan kebutuhan proyeksi pertumbuhan bank, maka pada tanggal 15
Desember 1999 melalui Akta Nomor 31, modal dasar ditingkatkan menjadi
Rp 500.000.000,00.
Anggaran dasar bank telah beberapa kali mengalami
perubahan, teakhir dengan Akta Notaris Alina Hanum, S.H., Nomor 21 tanggal 9
Mei 2003 mengalami maksud dan tujuan serta kegiatan usaha, persetujuan dari
lembaga yang berwenang mengenai pengangkatan Direksi, tugas dan wewenang Direksi,
pengangkatan komisaris utama, tugas dan wewenang komisaris, dewan pengawas
syariah, tahun buku serta ketentuan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham
(RUPS) untuk penggabungan, peleburan, dan pengambilalihan bank. Akta ini
mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman dan HAM RI Direktorat Jenderal
Administrasi Hukum Umum nomor C-28802 HT.01.04 tahun 2003 tanggal 10 Desember
2003 serta diumumkan dalam Berita Negara RI nomor 40 tanggal 18 Mei 2004
tambahan Nomor 4656. Sesuai dengan rekapitulasi antara Pemerintah RI, Bank
Indonesia(BI), dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Utara tanggal 7 Mei
1999 bank diikut sertakan dalam program rekapitulasi.
PT Bank SUMUT merupakan Bank Non Devisa yang berkantor
pusat dan kantor cabang utama di Jalan Imam Bonjol Nomor 18 Medan, sampai pada
akhir tahun 2010 telah memiliki, 1 unit Kantor Pusat, 1 unit Cabang Utama
Medan, 23 unit Kantor Cabang Konvensional,
3 unit Kantor Cabang Syariah, 68 unit Kantor Cabang Pembantu Konvensional,
3 unit Kantor Cabang Pembantu Syariah, 4 unit Kantor Kas, 29 payment Point, 19
unit Kas Mobil, 97 unit ATM dan 1 unit Sentra UMK di Cabang Medan.
Susunan komisaris dibentuk berdasarkan berita acara
Rapat umum Pemegang Saham Luar Biasa pada PT Bank SUMUT Nomor 76 tanggal 28
Juni 2001 dari Notaris Alina Hanum, S.H., sedang susunan direksi dibentuk
berdasarkan berita acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank SUMUT
Nomor 28 tanggal 24 Mei 2004 dari Notaris H.Marwansyah Nasution, S.H. di Medan
serta keputusan RUPS Sirkuler PT Bank SUMUT tanggal 10 Juni 2004.
Presiden Direktur pertama sekali pejabat oleh Drs.
Diapari Panusunan Siregar dengan Ketua Dewan Pengurus dijabat oleh Radja
Junjungan Lubis. Pucuk pimpinan berganti seiring waktu yaitu James Warren
Harahap (1964-1984), Drs. Yahfin Siregar(1984-1991), Drs. Amryn (1991-1999),
Drs. Abdul Rachman (1999-2000), dan Gus irawan (2000-sampai sekarang).
Dewan Pengawas juga berganti seiring dengan
penggantian Gubernur Sumatera Utara yaitu Ulung Sitepu (1964-1965), P.R.
Telambenua (1966-1967), Marah Halim Harahap (1967-1978), EWP Tambunan
(1978-1983), Tengku Rizal Nurdin (1998-2005). Saat ini Dewan Pengawas diganti
sebutannya menjadi Dewan Komisaris yang dipimpin oleh Drs. Kasim Siyo.M.Si.
sebagai Komisaris Utama.
Dalam perjalanan sejarahnya BPDSU mengawali usahanya
dengan berkantor menyewa satu lantai rumah took (ruko) disebuah gedung milik
Sutan Naga di jalan Palang Merah No.62 Medan, yang kemudian hari dikembangkan
ke No.64-66, dimana pada saat itu lantai dua masih dipakai pemilik sebagai
kantornya. Tidak ada merk BPDSU didinding depan ruko tersebut, yang ada hanya
tulisan “Bank Pembangunan daerah Sumatera Utara” yang ditulis dengan kapur
tulis dan digantung dekat pintu masuk. Baru dalam pertengahan tahun 1967
setelah BPDSU berlaba, gudang kantor yang disewa tersebut dibeli dan menjadi
milik sendiri.
Setelah lebih kurang 13 tahun berkantor di jalan
Palang Merah, maka pada tahun 1975, gedung baru kantor Pusat BPDSU yang
terletak di Jalan Imam Bonjol No.7 Medan. Selanjutnya, pada tahun 1984, atas
petunjuk Gubernur Kaharuddin Nasution, dilakukan pembelian tanah eks Konsultan
Inggris di jalan Imam Bonjol No.18 Medan. Dan setelah menghabiskan waktu
pembangunan lebih kurang 29 bulan, maka 20 April 1989 Menteri Dalam Negeri
telah meresmikan gedung baru Kantor Pusat dan Kantor Cabang Utama Medan yang
berlantai 12 cukup megah dan representative yang terletak dijantung bisnis Kota
Medan (Wall Street).




Gedung I Gedung II Gedung III Gedung
Sekarang
Gambar 2.1: Gedung PT Bank
SUMUT
2.1.2
Sejarah Bank
SUMUT Syariah Cabang Medan
Gagasan dan wacana untuk mendirikan Unit/Divisi usaha
Syariah sebenarnya telah berkembang cukup lama dikalangan stakeholder PT. Bank
SUMUT, Khusunya direksi dan komisaris, yaitu sejak dikeluarkannya UU No. 10
tahun 1998 yang memberikan kesempatan bagi bank konvensional untuk mendirikan
Unit Usaha Syariah. Pendirian Unit Usaha syariah juga didasarkan pada kultur
masyarakat Sumatera Utara yang religius, khususnya Umat Islam yang semakin
sadar akan pentingnya menjalankan ajarannya dalam semua aspek kehidupan,
termasuk dalam bidang ekonomi.
Komitmen untuk mendirikan unit usaha syariah semakin
menguat seiring dikeluarkannya fatwa majelis Ulama Indonesia (MUI) yang
menyatakan bahwa bunga haram. Tentunya, fatwa ini mendorong keinginan
masyarakat muslim untuk mendapatkan layanan jasa-jasa perbankan berdasarkan
prinsip-prinsip syariah. Dari hasil survei yang dilakukan 8 (Delapan) kota di
Sumatera Utara, menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap pelayanan Bank
Syariah cukup tinggi yaitu mencapai 70% untuk tingkat ketertarikan dan diatas
50% untuk keinginan mendapatkan pelayanan perbankan syariah.
Atas dasar ini, dan komitmen PT. Bank Sumut terhadap
pengembangan layanan perbankan Syariah maka pada tanggal 04 November 2004 PT.
Bank Sumut membuka Unit usaha Syariah dengan 2 (dua) kantor cabang Syariah
yaitu kantor Cabang Syariah Medan dan kantor cabang Syariah Padang Sidimpuan.
Visi dan Misi Unit Usaha Syariah haruslah mendukung visi
dan misi PT. Bank sumut secara umum, atas dasar itu ditetapkan visi unit Usaha
Syariah yaitu “ meningkatkan keunggulan PT. Bank Sumut dengan memberikan
layanan lebih luas berdasarkan prinsip-prinsip syariah sehingga mendorong
partisipasi masyarakat secara luas dalam pembangunan daerah guna mewujudkan
masyarakat yang sejahtera”. Sedangkan misinya adalah “meningkatkan posisi PT.
Bank Sumut melalui prinsip layanan perbankan syariah yang aman, adil dan saling
menguntungkan serta dikelola secara profesional “. Melalui pengembangan layanan
perbankan syariah diharapkan PT. Bank Sumut dapat berperan lebih besar sesuai
dengan visi dan misinya. Lebih lanjut, pengembangan usaha ini juga ditargetkan
dapat meningkatkan profitabilitas PT. Bank Sumut sekaligus memperkuat tingkat
kesehatannya.
2.2 Ruang
Lingkup Kegiatan
Perusahaan
Dalam kegiatan operasionalnya Unit usaha Syariah PT.
Bank Sumut membagi produknya menjadi tiga bagian yaitu :
2.2.1
Penghimpunan dana (funding)
Adapun produk PT. Bank Sumut
Unit Usaha Syariah yang bersifat menghimpun dana adalah
2.2.1.1
Tabungan Wadiah
2.2.1.1.1
Tabungan Marwah (Martabe Wadiah)
Tabungan Marwah merupakan
tabungan yang dikelola berdasarkan prinsip wadiah yad-dhamanah yang merupakan
titipan murni dengan seizin pemilik dana (sahibul mal), bank dapat mengelolanya
didalam operasional bank untuk mendukung sektor riil, dengan menjamin bahwa
dana tersebut dapat ditarik setiap saat oleh pemilik dana. Lembaga penjamin
simpanan (LPS) menjamin pengembalian dana titipan nasabah s/d Rp 100.000.000.
2.2.1.2
Tabungan Makbul
Tabungan makbul adalah
produk tabungan khusus PT. Bank Sumut sebagai sarana penitipan BPIH (Biaya
penyelenggara Ibadah haji) penabung perorangan secara bertahap ataupun
sekaligus dan tidak dapat melakukan transaksi penarikan.
Persyaratan :
1)
Penabung adalah perorangan yang berniat menunaikan ibadah haji dan
melakukan penyetoran biaya penyelenggara ibadah haji dalam bentuk tabungan.
2)
Mengisi formulir permohonan dengan melengkapi kartu identitas diri.
3)
Pembukaan rekening hanya dapat dilakukan pada unit kantor PT. Bank Sumut
yang berlokasi sesuai dengan alamat domisili yang tertera pada kartu identitas
diri penabung.
4)
Setoran awal sebesar Rp 1.000.000
5)
Setoran berikutnya minimal sebesar Rp 100.000
6)
Penabung tidak dapat melakukan penarikan diri tabungan kecuali dalam
rangka penutupan tabungan.
7)
Penutupan tabungan dapat dilakukan atas permintaan penabung atau penabung
meninggal dunia dan saldo tabungan seluruhnya dikembalikan tanpa dikenakan
biaya administrasi.
8)
Penabung yang telah memiliki nomor porsi dan termasuk dalam kuota haji
tahun berjalan harus melunasi kekurangan setoran biaya peneyelenggara ibadah
haji.
2.2.1.3
Tabungan Mudharabah
2.2.1.3.1
Tabungan Marhamah (Martabe bagi hasil Mudharabah)
Merupakan produk
penghimpunan dana yang dalam pengelolaannya menggunakan prinsip Mudharabah
Muthalaqah, yaitu investasi yang dilakukan oleh nasabah sebagai pemilik dana
(Sahibul mal) dan bank sebagai pihak yang bebas tanpa pembatasan dari pemilik
dana menyalurkan dana nasabah tersebut dalam bentuk pembiayaan kepada
usaha-usaha yang menguntungkan dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
Atas keuntungan yang didapat dari penyaluran dana, bank memberikan bagi hasil
sesuai dengan nisbah yang telah disepakati.
2.2.1.4
Deposito ibadah
Prinsipnya sama dengan
tabungan marhamah, akan tetapi dana yang disimpan oleh nasabah hanya dapat
ditarik berdasarkan jangka waktu yang telah ditentukan dengan bagi hasil
keuntungan yang telah disepakati bersama. Investasi akan disalurkan untuk usaha
yang produktif dan halal.
2.2.1.5
Simpanan Giro Wadiah
Simpanan Giro wadiah merupakan
produk penyimpanan dana yang menggunakan prinsip wadiah yad ad dhamanah
(Titipan murni). Pada Produk ini nasabah menitipkan dana dan bank akan
mempergunakan dana tersebut sesuai dengan prinsip Syariah dan menjamin akan
mengembalikan titpan tersebut secara utuh bila sewaktu-waktu nasabah
membutuhkannya.
2.2.2
Penyaluran dana (Lending)
Adapun produk PT. Bank Sumut
Unit Usaha Syariah yang bersifat menyalurkan dana adalah:
2.2.2.1
Pembiayaan Murabahah
Murabahah merupakan akad
jual beli atas barang dengan harga yang disepakati diawal dimana bank
menyebutkan harga pembelian dan margin yang diperoleh bank. Bank dapat
mensyaratkan pembeli untuk membayar uang muka (Urbun). Nasabah membayar kepada
bank menurut harga yang diperjanjikan dan harga/ pembayaran tidak berubah selama
jangka waktu yang telah disepakati. Produk pembiayaan ini dapat digunakan untuk
memenuhi kebutuhan usaha seperti modal kerja dan investasi. Namun dapat juga
digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi (Murabahah untuk konsumtif).
2.2.2.2
Pembiayaan Mudharabah
Mudharabah adalah akad
kerjasama antara bank sebagai pemilik dana (Shahibul mal) dengan nasabah
sebagai pengelola dana (Mudharib). Jangka waktu pembiayaan, pengembalian dana
dan pembagian keuntungan ditentukan dalam akad. Pembiayaan mudharabah dapat dimanfaatkan
untuk nasabah yang membutuhkan dana segar secara cepat untuk membiayai
proyek/pekerjaan/usaha. Bank tidak ikut serta dalam pengelolaan usaha nasabah,
tetapi memiliki hak dalam pengawasan dan pembinaan usaha nasabah.
2.2.2.3
Pembiayaan musyarakah
Pembiayaan musyarakah adalah
penanaman dana dari pemilik dana/ modal untuk mencampurkan dana/modal terhadap
suatu usaha tertentu dengan pembagian keuntungan berdasarkan nisbah yang telah
disepakati antara nasabah dan bank. Kerugian ditanggung oleh pemilik dana/modal
berdasarkan bagian dana /modal masing-masing. Jangka waktu pembiayaan,
pengembalian dana dan pembagian keuntungan ditentukan dalam aqad.
2.2.2.4
Pinjaman (Qardh) dengan gadai Emas
Pinjaman (Qardh) dengan
gadai Emas adalah fasilitas pinjaman dana tanpa imbalan jasa yang diberikanoleh
bank kepada nasabah dengan jaminan berupa emas yang berprinsip gadai syariah.
Atas emas yang digadaikan, bank mengenakan biaya sewa.
2.2.3
Jasa-jasa Bank
Adapun jasa yang ditawarkan
PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah adalah sebagai berikut :
2.2.3.1
Kiriman uang (Transfer)
Kiriman uang (Transfer)
yaitu suatu jasa Bank dalam pengiriman dana dari suatu cabang ke cabang yang
lain atas permintaan pihak ketiga (ijab dan Qabul) untuk dibayarkan kepada
penerima ditempat lain. Kiriman uang menggunakan prinsip Wakalah.
2.2.3.2
Kliring
Kliring ialah tata cara
penghitungan utang piutang dalam bentuk surat-surat dagang dan surat-surat
berharga antara bank-bank peserta kliring dengan maksud agar perhitungan utang
piutang itu terselenggara dengan mudah, cepat dan aman, landasan syariahnya
menggunakan prinsip wakalah.
2.2.3.3
Inkaso (Jasa Tagih)
Inkaso adalah pengiriman
surat atau dokumen berharga untuk ditagihkan pembayarannya kepada pihak yang
menerbitkan atau yang ditentukan (Tertarik) dalam surat atau dokumen berharga
tersebut, dengan landasan syariahnya menggunakan prinsip wakalahnya.
2.2.3.4
Bank garansi
Bank Garansi yaitu pemberian
janji bank (Penjamin) kepada pihak lain (Terjamin) untuk jangka waktu tertentu,
jumlah tertentu dan keperluan tertentu, bahwa bank akan membayar kewajiban
nasabah yang diberi garansi bank kepada pihak lain tersebut, apabila nasabah
tersebut cedera janji. Bank garansi menggunakan prinsip kafalah al-nualaqah.
Dalam aplikasinya pada PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah, Bank memberikan
garansi bank untuk kontraktor yaitu : jaminan penawaran (Tender Bond),
Penerimaan Uang Muka (Advance Payment Bond), Melaksanakan pekerjaan
(Performance Bond), pemeliharaan (Maintenace/Retention Bond).
2.2.4
Lokasi perusahaan
Adapun lokasi perusahaan PT.
Bank Sumut Syariah Cabang Medan yang dimana tempat penulis melakukan Riset JL.
S Parman No.50A medan dan ini merupakan kantor cabang bank Sumut Syariah cabang
Medan dan ditempat lain Bank Sumut Syariah yang berada di JL. Imam Bonjol.
2.3 Keunggulan PT
Bank SUMUT
2.3.1
Fungsi
Fungsi dari pendirian PT
Bank SUMUT adalah alat kelengkapan otonomi daerah dibidang perbankan, PT Bank
SUMUT berfungsi sebagai pengerak dan pendorong laju pembangunan di daerah,
bertindak sebagai pemegang kas daerah PT Bank SUMUT merupakan bank non devisa
yang berkantor pusat di jalan Imam Bonjol Nomor 18 Medan yang memiliki jaringan
pelayanan yang terus bertambah dan sampai bulan Mei tahun 2010 sudah mencapai
249 unit pelayanan dalam melayani masyarakat di seluruh daerah Sumatera Utara
dan Jakarta. Jaringan layanan Bank SUMUT juga mencakup seluruh wilayah
Indonesia melalui kerjasama dengan seluruh Bank Pembangunan Daerah dengan
layanan BPD net online dan untuk transaksi kiriman uang dari dan ke luar negeri
dilakukan dengan western union.
2.3.2
Visi
Visi dari PT Bank Sumut
adalah menjadi bank andalan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan
perekonomian dan pembangunan daerah dari segala bidang serta sebagai salah satu
sumber pendapatan daerah dalam rangka peningkatan taraf hidup rakyat.
2.3.3
Misi
Misi dari PT Bank SUMUT
adalah mengelola dana Pemerintah dan masyarakat secara professional yang
didasarkan pada prinsip–prinsip compliance.
2.3.4
Statement Budaya PT Bank SUMUT
Statement budaya perusahaan
atau yang sering dikenal dengan nama motto dari PT Bank SUMUT adalah memberikan
pelayanan terbaik. Adapun penjabaran dari kata terbaik adalah sebagai berikut:
Berusaha untuk selalu Terpercaya
Energik
di dalam melakukan setiap kegiatan
Senantiasa
bersikap Ramah
Membina hubungan secara Bersahabat
Menciptakan suasana yang Aman
dan nyaman Memiliki Integritas
Tinggi
Komitmen penuh untuk memberikan yang terbaik.
2.3.5
Logo dan
Makna dari Logo PT Bank SUMUT Syariah
2.3.5.1 Logo PT Bank SUMUT
Syariah
Gambar 2.2: Logo PT Bank
SUMUT Syariah
2.3.5.2
Makna Logo PT Bank SUMUT
Kata kunci dari Logo PT Bank
SUMUT adalah sinergy yaitu kerjasama
yang erat sebagai langkah lanjut dalam rangka meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, berbekal kemauan keras
yang didasari dengan profesinalisme dan siap memberikan pelayanan yang terbaik.
Bentuk logo PT Bank SUMUT
menggambarkan dua elemen yaitu dalam bentuk huruf U yang saling bersinergy membentuk huruf S
yang merupakan kata awal dari SUMUT. Sebuah gambaran bentuk kerjasama yang erat
antara PT Bank SUMUT dengan masyarakat Sumatera Utara, sebagaimana yang tertera
pada visi Bank SUMUT.
Warna orange yang ada pada
logo Bank SUMUT sebagi simbol suatu hasrat untuk terus maju yang dilakukan
energik yang dipadu dengan warna biru yang sportif dan professional,
sebagaimana yang terungkap dalam misi Bank SUMUT.
Warna putih dalam logo Bank
SUMUT mengungkapkan ketulusan hati dalam melayani nasabah, sebagaimana yang ada
dalam motto atau statement budaya Bank SUMUT.
Jenis huruf platini bold
yang sederhana dan mudah dibaca. Penulisan Bank dengan huruf kecil dan SUMUT
dengan huruf capital guna lebih mengedepankan Sumatera Utara, sebagai gambaran
keinginan dan dukungan untuk membangun dan membesarkan Sumatera Utara. Adapun
penjelasan tentang angka 8 adalah sebagai berikut:
Setiap implementasi dari
standar layanan Bank SUMUT masing – masing berjumlah dengan delapan butir yang
terinspirasi dari huruf S pada logo Bank
SUMUT. Angka delapan adalah angka bulat yang tidak terputus dalam penulisannya
dan melaksanakan proses pelayanan pada nasabah yang tanpa henti.
2.3.6
Prestasi Yang Pernah diraih PT Bank SUMUT
Tabel 2.1
Daftar Prestasi Yang Telah
Diraih PT Bank SUMUT
No.
|
Tahun
|
Kategori
|
Dari
|
1
|
12 Agustus 2003
|
Info Bank Awards 2003 Sebagai Bank
Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2002
|
MRI & Majalah Info Bank
|
2
|
2003
|
Piala Sang Graha Krida atas
Kepedulian terhadap Pembinaan Olahraga di Sumatera Utara
|
Presiden RI Ibu Megawati
Soekarno Putri
|
3
|
30 Juni 2004
|
Info Bank Awards 2004 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2003
|
MRI & Majalah Info Bank
|
4
|
19 Juli 2005
|
Info Bank Awards 2005 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2004
|
MRI & Majalah Info Bank
|
5
|
2005
|
Bank Pembina UMKM Sumatera Utara
|
Diskop & UMKM Provsu
|
6
|
06 Juli 2006
|
Info Bank Awards 2006 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2005
|
MRI & Majalah Info Bank
|
7
|
08 Desember 2006
|
Bank Pembangunan Daerah Terbaik
2006
|
Depdagri & Majalah Business
Review
|
8
|
08 Desember 2006
|
The Best Chief Executive Officer
(CEO) BUMD
On Survival Management 2006
|
Depdagri & Majalah Business
Review
|
9
|
15 Desember 2006
|
PADMA Awards 2006, sebagai
Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan
Masyarakat
|
Menteri Sosial RI
|
10
|
17 Februari 2007
|
Unit Usaha Syariah Terbaik,
Kelompok Asset < Rp. 100 Milyar
|
Karim Business Consulting
|
11
|
17 Februari 2007
|
Most Prudent Unit Usaha Syariah,
Kelompok Asset < Rp. 100 Milyar
|
Karim Business Consulting
|
No.
|
Tahun
|
Kategori
|
Dari
|
12
|
2007
|
Penghargaan Kepada Direktur Utama
sebagai Sahabat Pers 2006, yaitu Tokoh yang dekat dengan Pers dan banyak
diberitakan secara Positif
|
SPS Sumatera Utara
|
13
|
2007
|
Penghargaan Kepada Direktur Utama
Sebagai Tokoh Olahraga yang berhasil memunculkan Atlet Berprestasi
|
Pemprovsu
|
14
|
2007
|
Penghargaan Kepada Direktur Utama
Sebagai Tokoh Peduli Pendidikan
|
PGRI Sumatera Utara
|
15
|
19 Juli 2007
|
Golden Awards 2007 sebagai Bank
dengan Predikat “SANGAT BAGUS” Selama 5 Tahun Berturut-turut
|
MRI & Majalah Info Bank
|
16
|
19 Juli 2007
|
Info Bank Awards 2007 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2006
|
MRI & Majalah Info Bank
|
17
|
21 Mei 2007
|
The Best Performance Overall
2006, BPD Dengan Pelayanan Terbaik di Seluruh Indonesia
|
MRI & Majalah Info Bank
|
18
|
21 Mei 2007
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 1st Satpam
|
MRI & Majalah Info Bank
|
19
|
21 Mei 2007
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Phone Handling
|
MRI & Majalah Info Bank
|
20
|
14 Mei 2008
|
The Best Performance Overall
2007, BPD Dengan Pelayanan Terbaik di Seluruh Indonesia
|
MRI & Majalah Info Bank
|
21
|
14 Mei 2008
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 1st Best Customer Service
|
MRI & Majalah Info Bank
|
22
|
14 Mei 2008
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 1st Satpam
|
MRI & Majalah Info Bank
|
23
|
14 Mei 2008
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Phone Handling
|
MRI & Majalah Info Bank
|
24
|
14 Mei 2008
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2 Best Teller
|
MRI & Majalah Info Bank
|
25
|
29 Mei 2008
|
Indonesia Property & Bank
Award 2008
|
Majalah Property & Bank
|
26
|
16 Juli 2008
|
Golden Awards 2008 sebagai Bank
dengan Predikat “SANGAT BAGUS” Selama 5 Tahun Berturut-turut
|
MRI & Majalah Info Bank
|
27
|
16 Juli 2008
|
Info Bank Awards 2008 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2007
|
MRI & Majalah Info Bank
|
28
|
26 Agustus 2008
|
The Best Performance Banking 2008
|
ABFI Institute Perbanas
|
29
|
2008
|
Piala Citra Pelayanan Prima Tahun
2008 sebagai Unit Pelayanan Publik berkinerja Sangat Baik
|
Presiden RI.
Susilo Bambang Yudhoyono |
30
|
2008
|
Best Syariah 2007, Untuk Unit
Usaha Syariah Terbaik Dengan Asset dibawah Rp. 100 Miliar
|
Majalah Investor
|
31
|
2009
|
Pemenang terbaik 4 kategori SDM
BUMD & CEO BUMD Award 2008
|
Majalah Business review
|
No.
|
Tahun
|
Kategori
|
Dari
|
32
|
2009
|
Pemenang terbaik 4 kategori
Keuangan BUMD & CEO BUMD Award 2008
|
Majalah Business review
|
33
|
2009
|
Pemenang terbaik 3 kategori
Pemasaran BUMD & CEO BUMD Award 2008
|
Majalah Business review
|
34
|
2009
|
Pemenang terbaik 3 kategori The
Best BUMD of The Year 2008
|
Majalah Business review
|
35
|
2009
|
Pemenang terbaik 1 kategori The
Best CEO BUMD of The Year 2008 kepada Gus Irawan
|
Majalah Business review
|
36
|
09 Juni 2009
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2 Best Customer Service
|
MRI & Majalah Info Bank
|
37
|
09 Juni 2009
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2 Best Overall Performance 2008
|
MRI & Majalah Info Bank
|
38
|
09 Juni 2009
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 1 Best Teller
|
MRI & Majalah Info Bank
|
39
|
24 Juni 2009
|
The Best Performance Banking 2009
|
ABFI Institute Perbanas
|
40
|
30 Juli 2009
|
Golden Awards 2009 sebagai Bank
dengan Predikat “SANGAT BAGUS” Selama 5 Tahun Berturut-turut
|
MRI & Majalah Info Bank
|
41
|
30 Juli 2009
|
Info Bank Awards 2009 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2008
|
MRI & Majalah Info Bank
|
42
|
14 Agustus 2009
|
Propertry & Bank Award
Kategori BPD Berkinerja Terbaik yang sukses menerapkan Prinsip GCG dalam
Perbankan
|
Majalah Property & Bank
|
43
|
27 Mei 2010
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 3 Best Performance Overall
|
Majalah Property & Bank
|
44
|
27 Mei 2010
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 3 Best Phone Handling
|
Majalah Property & Bank
|
45
|
27 Mei 2010
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 3 Best Teller
|
Majalah Property & Bank
|
46
|
27 Mei 2010
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Customer Service
|
Majalah Property & Bank
|
47
|
03 Juni 2010
|
Best Banks kategori Bank
Pembangunan Daerah dengan Aset diatas Rp. 10 Triliun
|
Majalah Investor
|
48
|
07 Juli 2010
|
Best Performance Banking 2010
Kategori BPD Besar |
Majalah Tempo/ABFI Institute
Perbanas
|
49
|
16 Juli 2010
|
Golden Awards 2010 sebagai Bank
dengan Predikat “SANGAT BAGUS” Selama 5 Tahun Berturut-turut
|
MRI & Majalah Info Bank
|
50
|
16 Juli 2010
|
Info Bank
Awards 2010 Sebagai Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan
tahun 2009
|
MRI & Majalah Info Bank
|
51
|
29 Juli 2010
|
The Best Performance Local
Banking Shariah In North Sumatera Kategori Unit Usaha Syariah Berpredikat
Bagus
|
Indonesia Property & Bank
Award
|
No.
|
Tahun
|
Kategori
|
Dari
|
52
|
06 Agustus 2010
|
Peringkat 1 The Most Efficient
Expansive Funding, The Best Sharia Unit Asset < IDR 1 Tn is Awarded to
Bank Sumut Syariah
|
KARIM Business Consulting
|
53
|
31 Agustus 2010
|
Best Syariah 2010 kategori Unit
Usaha Syariah terbaik 2010 Aset dibawah Rp. 500 Miliar
|
Majalah Investor
|
54
|
September 2010
|
Tokoh Olah raga
|
GUBSU
|
55
|
14 Desember 2010
|
Gus Irawan sebagai Nominasi Top
Regional Banker 2010
|
Majalah Investor
|
56
|
21 Januari 2011
|
GUBSU sebagai Pembina Bank Daerah
Terbaik 1
|
Majalah Business review
|
57
|
21 Januari 2011
|
GUBSU sebagai Pembina BUMD
Terbaik 1
|
Majalah Business review
|
58
|
21 Januari 2011
|
The Best 1st Bank Daerah terbaik
2010
|
Majalah Business review
|
59
|
21 Januari 2011
|
The Best 1st BUMD of the Year
2010
|
Majalah Business review
|
60
|
21 Januari 2011
|
Gus Irawan sebagai CEO PT. Bank
Sumut The
1st CEO BUMD of the Year 2010 |
Majalah Business review
|
61
|
21 Januari 2011
|
The Best 1st Marketing &
Customer Satisfaction 2010
|
Majalah Business review
|
62
|
21 Januari 2011
|
The Best 1st Performance
Management System 2010
|
Majalah Business review
|
63
|
21 Januari 2011
|
The Best 2nd Finance
|
Majalah Business review
|
64
|
21 Januari 2011
|
The Best 2nd Human Capital
Management System Alignment
|
Majalah Business review
|
65
|
21 Januari 2011
|
Gus Irawan sebagai The Best CEO
for Business Team Work Development
|
Majalah Business review
|
66
|
18 Mei 2011
|
Medan Service Excellence Award
(MSEA) Category Conventional Banking
|
Markplus .inc ( Hermawan
Kartajaya)
|
67
|
16 Juni 2011
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 1st Satpam
|
MRI & Majalah Info Bank
|
68
|
16 Juni 2011
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Phone Handling
|
MRI & Majalah Info Bank
|
69
|
16 Juni 2011
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Teller
|
MRI & Majalah Info Bank
|
70
|
16 Juni 2011
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 2nd Best Performance Overall
|
MRI & Majalah Info Bank
|
71
|
16 Juni 2011
|
Banking Service Execellence Award
Peringkat 3 Best Customer Service
|
MRI & Majalah Info Bank
|
72
|
12 Juli 2011
|
Penghargaan Bakti Koperasi dan
Usaha Kecil dan Menengah
|
Menteri Negara Koperasi dan Usaha
Kecil dan Menengah RI
|
73
|
21 Juli 2011
|
REBI (Rekor Bisnis) sebagai BPD
Pertama di Indonesia yang menyalurkan kredit bagi kaum perempuan marginal pola
Grameen Bank yang dikelola secara langsung
|
TERA Foundation dan Harian
Seputar Indonesia
|
No.
|
Tahun
|
Kategori
|
Dari
|
74
|
22 Juli 2011
|
Info Bank Awards 2011 Sebagai
Bank Dengan Predikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan tahun 2010
|
MRI & Majalah Info Bank
|
75
|
22 Juli 2011
|
Golden Awards 2010 sebagai Bank
dengan Predikat “SANGAT BAGUS” Selama 5 Tahun Berturut-turut
|
MRI & Majalah Info Bank
|
76
|
29 September 2011
|
The Most Fovourite Growth
Mortgage Contribution Local Shariah Banking Kategori Bank Pembangunan Daerah
dengan Pelayanan Prima
|
Property & Bank
|
77
|
04 November 2011
|
Rekor Indonesia atas rekor Bank
Umum Pertama dan Konsistensi Memberdayakan Perempuan melalui Kredit Mikro
secara Langsung dengan Sistem Kelompok Tanpa Agunan
|
MURI
|
78
|
10 November 2011
|
iB BPD Most Expansive Funding
|
KARIM Business Consulting
|
79
|
10 November 2011
|
3rd The Most Profitable Sharia
Unit, Asset > IDR 500 Bn
|
KARIM Business Consulting
|
80
|
10 November 2011
|
3rd The Most Expansive Third
Party Fund Sharia Unit, Asset > IDR 500 Bn
|
KARIM Business Consulting
|
81
|
11 Januari 2012
|
Man Of The Year
|
Harian Waspada
|
82
|
25 Januari 2012
|
Pembina Terbaik UMKM Award 2011
|
Harian Seputar Indonesia
|
83
|
08 Februari 2012
|
People Of The Year
|
Harian Seputar Indonesia
|
84
|
25 April 2012
|
Bank Sumut has very successfully implemented
the KUM-KSS II
|
Sparkassenstiftung fur
internationale Kooperation
|
85
|
26 April 2012
|
BPD Terbaik, Asset > Rp. 10T
di bidang : Menajemen Risiko Operasional untuk : Pengembangan Kantor Cabang
|
Pengembangan
Kantor Cabang
Indonesia
Enterprise Risk Management Award 2012 dari Business Review
|
86
|
11 Mei 2012
|
Government Award Kategori Atas
Kepedulian Meningkatkan Perekonomian Sumatera Utara
|
Harian Seputar Indonesia
|
Sumber: Perpustakaan Bank SUMUT,
tahun 2012
2.4 Struktur Organisasi PT Bank SUMUT Syariah
Struktur organisasi PT Bank
SUMUT Syariah Cabang S. Parman Medan dapat dilihat pada gambar 2.3
Ian: Bab 2 >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Ian: Bab 2 >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Ian: Bab 2 >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 2G