Senin, 30 April 2012

TIPS MENYIMPAN HALAMAN WEB DENGAN AMAN

Hai pembaca sekalian (serasa udah punya blog terkenal aja, hahaha), gimana artikel pertama dan kedua saya, pertamax kan? Kali ini saya menulis artikel tentang pentingnya menyimpan halaman web dalam format yang benar.

Apakah kamu sering nongkrong di warnet? Apakah kamu sering mencolokkan Flashdisk kesayangan kamu ke CPU di warnet? Terus kamu kesal engga kalau Flashdisk kamu terserang virus setelah kejadian itu? Ups, jangan buru-buru menyalahkan warnet-nya lho, barangkali itu karena kelalaian kamu. Yah, salah satu penyebab Flashdisk kamu terserang virus adalah menyimpan halaman web dengan pilihan "Save Page As".

<Lho kok bisa?>

Yah bisa lah. Waktu kamu menyimpan halaman web pakai "Save Page As", bukan cuma tulisan dan gambar aja yang disimpan sob, tapi script-scriptnya (html, java, flash, dll) juga disimpan. Nah, ini tentunya merupakan celah buat orang-orang pintar yang kurang kerjaan tuk menyisipkan script jahat (baca: virus) ke dalamnya.

Nah, gitu sob ceritanya.

<jadi gimana dong cara save-nya yang aman?>

Gampang sob, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buat kamu yang pakai GOOGLE CHROME, ni dia langkahnya (sabar sob, buat yang pakai firefox ada kok di bawah) :


  1. Buka halaman web yang mau kamu simpan. Setelah selesai, tekan "Ctrl+P". Akan muncul tampilan seperti berikut :


    tampilan jendela halaman web

    tampilan setelah menekan Ctrl+P
  2. Pada pilihan "Destination", pilihlah format yang paling kamu sukai. Saya sarankan pilihan kamu adalah "Print to PDF" atau "Microsoft XPS Document Writer", karena dokumen yang kamu simpan nantinya masih bisa di-copy paste.

  3. Klik "Print".
  4. Ketikkan nama dokumen baru kamu tersebut dan tentukan tempat penyimpanannya. Klik "Save".

     
Sekarang halaman web yang kamu mau tersedia dalam PDF file (hihihi, serasa jadi bintang iklan). Nah, buat kamu yang pakai firefox, berikut ni caranya:
  1. Buka halaman web yang mau kamu simpan. Setelah selesai, tekan "Ctrl+P". Akan muncul tampilan seperti berikut :



  2. Pilihlah format yang kamu sukai pada pilihan "Name". Karena pilihan "Print to PDF" tidak ada, maka saran terakhir saya adalah  "Microsoft XPS Document Writer".

  3. Klik "OK".
  4. Ketikkan nama dokumen baru kamu tersebut dan tentukan tempat penyimpanannya. Klik "Save".



Nah, gampang bukan?. Kini kamu dapat menyimpan halaman web untuk menyelesaikan laporan dan tugas-tugas kamu (pengalaman pribadi jadi mahasiswa, hihihi) tanpa khawatir flashdisk kamu menjadi sarang penyakit.
sekian dulu tips dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya, Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar